PROPOSAL USAHA
MAHACIPTA ADVERTISING
MAHACIPTA ADVERTISING
A. PENDAHULUAN
Di dalam era modern yang mengarah kepada
teknologi komunikasi ini sangat sulit untuk mencari lapangan kerja yang kiranya
dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Peluang usaha yang semakin sempit
juga merupakan salah satu faktor penyebab begitu banyaknya pengangguran. Oleh
sebab itu, sebagai generasi muda yang berlatarbelakang santri (Musilim),
saya merasa terpanggil, dengan melihat lambatnya perkembangan wirausaha baru
yang berlatar belakng muslim, dan sedikitnya para pengusaha muslim tersebut yang
benar-benar menegakan prinsip-prinsip islam atau konsep muamalat (Ekonomi
Syariah) dalam menjalankan usahanya. maka dari itu, demi membangun gerakan
Pengusaha Muslim, agar kaum Muslim bisa mengusai pasar nasional bahkan
internasional, serta guna mengurangi tingkat pengangguran yang semakin
meningkat dari tahun ke tahun dan dengan membidik kesempatan dan peluang kerja,
maka tepat kiranya saya membuka sebuah usaha kecil dan menengah. Adapun yang
saya rencanakan adalah usaha “Percetakan Offset dan Digital (Digital Printing)”
yang mana bidang usaha ini punya prospek bagus dan jangka panjang.
B. LATAR BELAKANG
Semakin canggihnya teknologi komunikasi terutama di
bidang percetakan modern maka setiap perusahaan, perkantoran, sarana pendidikan
dan lain sebagainya akan memerlukan jasa percetakan guna mensosialisasikan
kegiatan-kegiatan mereka atau mempromosikan produk usaha mereka kepada
masyarakat di daerah tersebut. Tentunya di daerah – daerah di luar kota masih
sangat sedikit masyarakat yang mengetahui tentang bisnis percetakan digital
ini, sehingga saya berinisiatif untuk membuat suatu usaha percetakan modern yang saya beri nama MAHACIPTA ADVERTISING.
Usaha percetakan digital ini memiliki prospek yang sangat bagus kedepannya. Karena
selama
kepemerintahan atau dunia pendidikan dan Usaha Kecil Menengah (UKM) ini terus
berjalan dan bertambah, maka keberdaan usahan percetakan ini akan selalu
dibutuhkan oleh meraka, sebagai mitra mereka utuk memenuhi kebutuhan advertising atau
promosi usaha mereka. Diharapkan dengan adanya usaha
ini akan mampu membuka peluang kerja bagi masyarakat yang kreatif dalam bidang
ini, sehingga ilmu yang telah didapat di perguruan tinggi mampu mereka
pergunakan secara maksimal di usaha bisnis saya ini guna mempermudah media
komunikasi dalam masyarakat.
Alhamdulillah, usaha saya ini sudah mulai berjalan
dari setahun yang lalu, tepatnya Bulan Oktober 2013, berawal dari nombel dengan
join kantor dengan sahabat saya yang sudah lebih dulu usaha percetakan,
kemudian saya juga menjalkan usaha ini dengan pemasran online dengan membuat
website atau blog untuk memasarkan produknya. Alhamdulillah berjalan dengan
baik dan membuka peluang prospek pasar yang menjannjiakan.
Maka dari itu, saya berkeinginan untuk memperbesar
dan mengembankan usaha ini, agar bisa ekspansi pasar dengan luas.
C. MAKSUD DAN TUJUAN
1.
Mengurangi
tingkat pengangguran.
2.
Menciptakan
lapangan pekerjaan.
3.
Membuka
peluang usaha.
4.
Menegakan
Kosnsep Muamalat (Prinsip-prinsip Islam)
5.
Membantu
mensukseskan GERAKAN PENGUSAHA MUSLIM
D. FROFIL USAHA
a. Nama Usaha
MAHACIPTA ADVERTISING
Filosofi:
ü MAHA :
Selain ini punya arti sifat besar ini bermaksud punya kepanjangan, yaitu MATA
HATI, yang saya ambil filosofinya adalah selalu mendahulkukan atau
mempriyoritaskan hati dalam segala hal apa pun, terutama dalam berkerja. Always
Work With Heart.
ü CIPTA :
Ini bermksud memberikan makna bahwa kita harus selalu terus berkarya
menciptakan karya-karya yang inovatif dan kreatif.
b. Alamat Usaha
Alamat usaha sementara kami
sekarng di:
Kawasan Percetakan Mawar (KPM) Jl. Mawar Blok C
Legoso, Ciputat,
Tangerang Selatan.(Join Tempat)
c. Profil Pemilik Usaha
Nama
|
: Agus Hisyam Adnan
|
Tempat
& Tgl lahir
|
: Brebes, 17 Agustus
1990
|
Alamat Rumah
|
:Bandungsari, Rt/w:02/02, Banjarharjo, Brebes, Jawa Jawa Tengah.
|
Alamat
Tinggal
|
: Jl. Pesanggrahan
No.67, Rt/w:03/03, cempaka Putih
Ciputat
|
No HP
|
087730354810 / 085640123989
|
Email
|
Hisyam.elbarbasi@gmail.com
|
Agama
|
: Islam
|
Riwayat
Pendidikan Formal:
|
1.
SD
Bandungsari 01
2.
MTs
darunnjat Bumiayu
3.
MA
Darunnjat Bumiayu
4.
STIT
Muslim Asia Afrika Ciputat
|
Riwayat Pendidikan
Non Formal:
|
1. Pondok Pesantren Modern Darunnajat Bumiayu, Brebes.
2. Kursus Komputer di Darunnajat Cumputer Centere (DCC)
|
Pengalaman
Oraganisasi:
|
1.
Pembina Muda Gerakan Pramuka Darunnjat (GEPRADA) 2008
2.
Sekretaris
FALSAPA(Forum Aliansi Santri Pantura) 2008
3.
Ketua
Organisasi PERSADA(perhimpunan Santri Darunnjat) 2008-2009
4.
Wakil
Ketua KMPDB Jakarta (Keluarga Mahasiswa Daerah Brebes) 2011-2012
5.
Ketua/Lurah
Asrama Putra UIN Jakarta 2009-2010
6.
Bendahara
Oraganisasi FOSILSADAR Pusat (Forum Silaturahmi Santri Darunnajat) 2013-2014
7. Ketua HIPSABA (Himpunan Pemuda/I Desa Bandungsari) 2013-1014 |
:
d. Visi dan Misi
Visi :
Memberikan pelayanan yang terbaik dengen mengutamakan mutu, biaya
dan waktu, guna memberikan kepuasan pelanggan sehingga menjadi sebuah
perusahaan yang dikenal dan mampu berkompetisi dengan perusahaan nasional
diseluruh Indonesia maupun dengan perusahaan multi-nasional di waktu yang akan
datang.
Misi:
1. Menciptakan konsep design yang inovatif
dan kreatif
2. Memberikan pelayanan yang terbaik kepada
pelanggan
3. Menjalin hubungan dan kerja sama yang
baik melalui integritas, kepercayaan dan kesempatan bersama serta sesui dengan
perinsip-prinsi Islam
4. Memberikan layanan berupa perbaikan dan
pemeliharaan atas hasil kerja nutuk memenuhi kesepakatan kerja sama sesuai
dengan kebutuhan pelanggan.
e. Logo
Filosofi:
ü Bulat berwarna biru ini bermaksud menggambarbarkan
bumi yang mempunyai makna perkembangkangan teknologi yang semakin canggih di
seluruh belahan dunia.
ü Gambar cipratan cat berwarna warni ini mempunyai arti
sebuah karya seni dan kreatifitas yang tiada henti dan tak akan pernah mati
terus berwarna menghiasi bumi kita.
E. ASPEK MANAJEMEN
a.
Planing
Dengan
melihat situasi sekarang ini usaha yang saya buat sangat berpengaruh terhadap
cara berkomunikasi modern saat ini yang sering menggunakan media digital
sebagai alat penyampaiannya. Sibuknya masyarakat terhadap pekerjaannya
mengakibatkan kurangnya komunikasi langsung terhadap lingkungan sekitarnya,
sehingga informasi yang bersifat umum jarang mereka terima. Solusinya media
komunikasi dalam bentuk percetakan digital yang biasa berukuran sangat besar
ditempatkan pada tempat-tempat umum agar dapat dibaca oleh khalayak ramai.
Tentunya usaha ini sangat membantu mereka yang menginginkan informasi seputar
kegiatan-kegiatan suatu instansi.
b. Organizing
Usaha ini
akan dilakukan oleh 3 orang pegawai dengan spesifikasi sebagai berikut : D3 IT
1 orang, lulusan SMK dengan jurusan Administrasi 1 orang, D3 Desain Grafis 1
orang sehingga pekerjaan dapat dilakukan secara maksimal dan hasil tetap
optimal.
c. Actually
Usaha ini
buka setiap hari dari pukul 08.00 pagi sampai pukul 17.00 WIB.
d. Controlling
Setiap
minggu diadakan evaluasi bersama pegawai untuk membahas pengeluaran dan
pemasukan serta merekondisikan alat-alat cetak agar tetap terjaga kualitas
hasil yang dicetak. Tidak lupa juga untuk membersihkan unit komputer dari
virus-virus yang dapat menggangu atau merusak sistem aplikasi komputer. Sharing
(berbagi) kepada pegawai untuk bersama-sama memajukan usaha agar mendapat laba
yang lebih dengan cara mempromosikan usaha kami.
F. ASPEK SUMBER DAYA
MANUSIA (SDM)
Saya sendiri disini sebagai pemimpin
tunggal usaha percetakan digital ini yang memiliki 3 pegawai terdiri dari
:
1.
Lulusan SMK jurusan Administrasi sebagai Kasir.
2.
D3 Desain Grafis sebagai Editor Operasional.
3.
D3 IT sebagai Operator Operasional.
G. ASPEK PRODUK DAN PRODUKSI
a. Produk
- Percetakan opset : Company Profile, Majalah, Brosur, Buku, Kop Surat, Invoice, Continues Form, Kartu Nama, Hang Tag, Flier, Kalender, Agenda, BTS, Buletin, Amplop, Annual Report, Dan Macam Cetak Lainnya.
- Digital Print : Vynil Flexi (Out Door / In Door), Sticker (Frontlite, Backlite, One Way, Sunblast), Photo Paper, Satin, Backlite Vynil, Duratans,
- In Door Promotion : Display Product, Stand Pameran, Branding Outlet, X Banner, Roll Up Banner, Hanging Banner, Sticker Kaca, Dll
- Out Door Promotion : Bilboard, Neon Box, Abliho, Banner, Spanduk (Vynil, Kain), Neon Sign, Font Embos, Tower Sign/Pylon, Sign Board, Mobile / Car Branding, Dll.
- Marchendise : Mug, Dus Kemasan (Dusbox), Paper Bag, Jam Dingding, Payung, Handuk, Tas, Kaos, Kemeja, dll.
Alat-alat yang akan saya gunakan untuk
mempermudah kegiatan produksi antara lain :
1. Mesin Printer Canon dengan, digunakan
untuk mencetak hasil yang diinginkan para konsumen.
2. Mesin Sablon DTG, Ddigunakan untuk
mencetak atau sablon kaos syitem printing.
3. Komputer sebanyak 3 unit, digunakan untuk
proses aditing serta menghubungkan antara komputer dan mesin cetak.
4. Mesin kasir sebanyak 1 unit, digunakan
oleh pegawai kasir untuk memudahkan proses pembayaran dan mesin kasir ini
memiliki password yang hanya diketahui pegawai kasir serta saya sendiri,
tentunya keamanan sangat terjaga.
5. Mesin Printer Digital, kami menggunakan syitem sewa
/bulan.
6. Mesin Offset; kami menggunakan mesin
punya para Pengusaha jasa mesin cetak (
dengan system ongkos cetak).
7. Mesin Finishing (mesin laminasi, pond,
dan emboss); kami menggunakan mesin punya para Pengusaha jasa mesin cetak ( system ongkos jasa).
b. Bahan
Bahan-bahan yang akan saya gunakan untuk
usaha ini antara lain :
1. Tinta warna.
2. Tinta hitam.
3. Kaos polos
4. Kertas HVS A4 2 rim
5. Kertas HVS F4 2 rim
6. Kertas ArtPaper Plano (79 x106cm) 1 rim
7. Kertas ArtCarton (79 x106cm) 1 rim
8. Kertas Duplek (79 x106cm) 1 rim
9. Dll.
H. ASPEK PASAR DAN PEMASARAN
Usaha Percetakan merupakan usaha yang
memeliki prospek pasar yang sangat luas, hampir seluruh elemen masyakat
membutuhakan jasa pecetakan. Diantara prospek pasar yang membutuhakna jasa kami:
1. Lembaga Kepemerintahan (dari Kelurahan
sama Pemerintah Pusat)
2. Lembaga Pendidikan (dari TK sampai
Perguruan Tinggi
3. Perusahan Kecil Menengah
4. Perusahan – Perusahan Besar
5. Organisasi Swadaya Masyrakat
6. Dll.
Dalam dunia usaha, salah satu faktor
penting yang menentukan keberhasilan perolehan omzet penjualan yang relatif
tinggi adalah penerapan strategi bisnis, oleh sebab itu, bagi mereka yang
tengah terjun dalam dunia usaha percetakan perlu memiliki strategi bisnis usaha percetakan yang mantap. Berikut
Strategi Sedehana kami:
1.
Kualitas Produk, ini prinsip paling dasar dalam
strategi usaha percetakan yang mantap.Untuk memenuhi kualitas yang baik, tentu
pilihan untuk tidak membanting
2.
harga adalah pilihan yang tepat, sebab pada
kenyataannya para pemesan lebih memilih harga yang agak malah sedikit mahal
tapi kualitas yang lebih baik.
3.
Lokasi Strategis, lokasi memang penting dalam
strategi usaha percetakan yang ampuh. Lokasi usaha kami terletak di pusat
percetakan terbesar di JABODETABEK, yaitu di Ciputat atau Daerah sekitarnya (Tempat/Kios
Masih dalam pencarian).
4.
Harga yang tepat, tak hanya produk yang
berkualitas yang jadi prioritas, melaikan memberikan harga yang tepat ini juga
merupakan hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan. Harga yang tepat
sesuai dengan kualitas produk dan harapan konsumen ini menjadi strategi yang
ampuh untuk kelangsungan pasar. Baik itu dengan cara memberikan harga net
special, promo diskon, dll.
5.
Promosi, maka langkah selanjutnya setelah 3
point di atas terpenuhi, ini harus melakukan promosi, baik promosi melalui media cetak, seperti
brosur, iklan di Koran, dll. atau pun juga melalui media social (Online)
seperti; FansPag FB. Twitter, Blog, Website, dll. Semuanya ini sangat penting
karena ini sudah banyak terbukti efektif. Media Online yang kami sudah punya
diantaranya:
I.
PENAWARAN INVESTASI
a.
Langkah – Langkah Menjadi Investor
1. Presentasi Bisnis
2. Isi Formulir
Calon Investor
3. Pembayaran Comitment
Fee
4. Survey Lokasi
Usaha
5. Penjelasan Operasional
Usaha
6. Penandatanganan
MOU
7. Pembayaran
Pelunasan Ivestasi 100%
b. Syarat Dan Ketentuan
Sistem Investasi
yang kita tawarkan ini adalah dengan
system Mudhorobah (bagi Hasil) dengan nisbah 70% (Pengelola) : 30% (investor),
Kontrak selama 3 tahun.
c. Nilai Investasi Dan Rinciannya
Nilai Investasi yang
kami tawarakan sebesar Rp 64.540.000,-
Terbilang: Enam Puluh
Empat Juta Lima Ratus Empat Puluh Ribu Rupiah
Ada pun rinciannya
sebagai berikut
4. Modal Jangka
Panjang : Rp 40.650.000,-
5. Modal Jangka
Menengah : Rp
23.890.000,-
d. Modal Jangka Panjang
d. Modal Jangka Panjang
NO
|
NAMA
|
BANYAK/LAMA PAKAI
|
HARGA@
|
JUMLAH
|
1
|
Sewa Ruko
|
1 Unit/1 Tahun
|
Rp 15.000.000,-
|
|
2
|
Pembuatan SIUP (CV, dll)
|
1 Paket
|
Rp 3.000.000,-
|
|
3
|
Printer Canon ip 2770
|
1 Unit/5 Tahun
|
Rp 4.500.000,-
|
|
4
|
Komputer
|
2 Unit/7 Tahun
|
Rp 3.500.000,-
|
Rp 7.000.000,-
|
5
|
Renovasi/Setting Ruang Usaha
|
1 Unit/Sementara
|
Rp 3.000.000,-
|
|
6
|
Mesin/komputer Kasir
|
1 Unit/7 Tahun
|
Rp 1.500.000,-
|
|
7
|
Seragam Pegawai
|
4 Buah/2 Tahun
|
Rp 75.000,-
|
Rp 300.000,-
|
8
|
Mesin Potong
|
1 Unit/3 Tahun
|
Rp 1.000.000,-
|
|
9
|
Mesin Binding
|
Rp 900.000,-
|
||
10
|
Mesin Laminating
|
Rp 1.050.000
|
||
11
|
Meja dan kursi Custemer
|
1unit/3Tahun
|
Rp 3.000.000,-
|
|
12
|
Pembutan Website
|
1set/3Thaun
|
Rp 9.00.000,-
|
|
Total
|
Rp 40.650.000,-
|
e. .Modal Jangka Menengah
NO
|
NAMA
|
Qtty/Lama Pakai
|
HARGA
|
1
|
Gaji Pegawai Bulan
Pertama
|
3 Orang/Bulan
|
Rp 6.000.000,-
|
2
|
Kridit Mesi Sablon DTG High Tech A3+
V.2
|
1 Unit/Bulan/3Tahun
|
Rp 785.000,-
|
3
|
Ongkos sewa & Perawatan Mesin Cetak
|
1 Unit/Bulan/5Tahun
|
Rp 2.400.000,-
|
4
|
Perawatan Ruko
|
1Uinit/Bulan
|
Rp 250.000,-
|
5
|
Paket Tinta Mesin Sablon DTG + Tinta
Cleaning
|
1 Liter/Bulan
|
Rp 1.400.000,-
|
6
|
Kaos Polos (Gelap)
|
100/Bulan (@29.000)
|
Rp 2.900.000,-
|
7
|
Kaos Polos (Terang)
|
100/Bulan (@27.000)
|
Rp 2.700.000,-
|
8
|
Tinta Warna
|
5 Kaleng/5 Bulan
|
Rp 250.000,-
|
9
|
Tinta Hitam
|
5 Kaleng/5 Bulan
|
Rp 250.000,-
|
10
|
Kertas A4
|
3 Rim/2 Bulan
|
Rp 75.000,-
|
11
|
Kertas F4
|
3 Rim/2 Bulan
|
Rp 75.000,-
|
12
|
Kertas ArtPaper (79x109) 120grm
|
1Rim/2bulan
|
Rp 570.000,-
|
13
|
Kertas ArtCarton (79x109) 260 grm
|
1Rim/3bulan
|
Rp 1.570.000,-
|
14
|
Kertas Duplex (79x109)
301grm
|
1Rim/1bulan
|
Rp 810.000,-
|
15
|
Ongkos cetak Offset
|
3Rim/1bulan
|
Rp. 1.600.000,-
|
16
|
Biaya UV Varnish
|
1000
lembar A4/1bulan
|
Rp.
200.000,-
|
17
|
Biaya Laminating Glossy
|
1000
lembar A4/1bulan
|
Rp.
390.000,-
|
18
|
Biaya Laminating Doff
|
1000
lembar A4/1bulan
|
Rp. 465.000,-
|
19
|
Ongkos Finishing
(Pond/Cuting)
|
3
Rim Plano/1bulan
|
Rp 200.000,-
|
Total
|
Rp 23.890.000,-
|
Modal Jangka Pendek
NAMA
|
BANYAK/LAMA PAKAI
|
Harga/hari
|
Harga/Bln (25 Hari)
|
Konsumsi Pegawai
|
4 x 2 Kali/Hari
|
Rp 80.000,-
|
Rp 1.920.000,-
|
J.
SIMULASI DAN PERHITUNGAN PENDAPATAN
a.
Perhitunagn Pendapatan Rata-rata Per Bulan
(Pendapatan Terkecil)
NO
|
PROYEK
|
BANYAK
|
HARGA
@
|
JUMALAH
|
1
|
Cetak Brosur F4 (2muka)
|
15 rim
|
Rp
300.000,-
|
Rp
4.500.000,-
|
2
|
Cerak Brosur A5 (2muka)
|
50 rim
|
Rp
250.000,-
|
Rp
3.750.000,-
|
3
|
Cetak Kartu Nama (2muka)
|
60 box
|
Rp
35.000,-
|
Rp
2.100.000,-
|
4
|
Cetak Poster A3
|
10 rim
|
Rp
750.000,-
|
Rp
7.500.000,-
|
5
|
Cetak dusbox Snack
|
3000pcs
|
Rp
1.000,-
|
Rp
3.000.000,-
|
6
|
Cetak dusbox Nasi
|
3000pcs
|
Rp
2.000,-
|
Rp
6.000.000,-
|
7
|
Jasa Design
|
300 pcs
|
Rp
10.000,-
|
Rp
3.000.000,-
|
8
|
Sablon Kaos DTG (Warna Terang)
|
100 pcs
|
Rp
55.000,-
|
Rp
5.500.000,-
|
9
|
Sablon Kaos DTG (Warna Gealap)
|
100 pcs
|
Rp
80.000,-
|
Rp
8.000.000,-
|
Total
|
Rp
43.850.000,-
|
b.
Perhitungan Royalty : (Bila dihitung per bulan)
Dengan nisbah bagi hasil 60:30 (Pengelola :
Investor).
Rumus: Laba kotor – (modal jangka
menengah + modal jangka pendek) = laba bersih
- Pendapatan gross/laba kotor
|
= Rp 43.350.000,-
|
- Modal Jangka Menengah
|
= Rp 23.890.000,-
|
- Modal Jangka Pendek
|
= Rp 1.920.000,-
|
Royalti (laba) Total
|
= Rp 17.540.000,- (per
bulan)
|
Royalty Pengelola (70%)
|
= Rp 12.278.000,-
|
Royalty Investor (30%)
|
= Rp 5.262.000,-
|
Maka estimasi total royalty investor
selama 3 tahun adalah:
= Rp
5.262.000,- X 36 Bulan : Rp
189.432.000,-
c.
Break Event Point (BEP) Untuk Investor
- Nilai Investasi
|
= Rp 64.540.000,-
|
- Laba Per Bulan
|
= Rp 5.262.000,-
|
- Break Event Point
|
= 12 Bulan (Paling Cepat)
|
K. PENUTUP
Harapan saya kedepannya, bukan hal yang
tidak mungkin bagi saya untuk membuka dan mengembangkan usaha percetakan offset
dan digital printing tersebut. Ini sudah menjadi bagian dari impian saya, dan dengan
bermodal semangat mandiri berwirausaha, suatu saat jika modal telah terkumpul,
saya akan membuka usaha percetakan offset dan digital printing ini di kota - kota berkembang dan dapat berekspansi ke luar
daerah lainnya. Seiring pesatnya
teknologi media komunikasi, bukan mustahil untuk memajukan daerah terpencil
dalam bidang media komunikasi ini. Dengan demikian peluang kerja pun bertambah
di daerah tersebut, sehingga mengurangi angka pengangguran yang ada.
Itulah rencana badan usaha yang akan saya
buat, jika kesempatan itu terbuka lebar untuk saya. Semoga proposal ini dapat
ditindaklanjuti dan menjadi washilah ibadah mencari rizky dan ridha Allah. Atas
perhatian dan kerja samanya saya ucapkan banyak terima kasih.
Menjual chemical printing productions,fountain blessing red, fountain bless yellow, fountain bless blue, fountain bless Exo Green,sparepart gun plate cleaner,tim plate, developer positif,IPA alkohol,corector(image remover),powder dry up(osaki), powder micron,blanket,plate offset,dll harga bisa di bandingkan dan kualitas sama ,untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi saya Tommy via email (Tommy.transcal@gmail.com) atau WhatsApp (081310849918) terima kasih
BalasHapusmas minta file dokya
BalasHapusTerima kasih. Saya termotivasi sekali, saya setuju dgn mba wanda, hrs byr hutang2 terlebih dahulu. Nach untuk membayar hutang2 tsb.saya berniat jual ruko saya yg ada didaerah Pamulang 2. Tlg informasi klo ada yg minat. Tx
BalasHapus